Apakah itu DID dalam Berbicara Part 304:45

  • 7,078 views
Published on 27 December 2016

Apakah itu DID dalam Berbicara Part 3

 

Memahami “Did” dalam bentuk bertanya bersama kata tanya 5W1H yang memberi maksud bertanya saat berbicara.

Jika teman-teman sudah memahami apa yang telah di jelaskan di atas. sekarang coba teman-teman berlatih bertanya dengan menggunakan kata tanya 5w1H, tentunya bertanya tentang sesuatu yang terjadi atau  yang dilakukan pada masa yang lampau/masa yang sudah lewat.. let’s do it…!!.

WHAT (Apa/Apa yang).

Apakah yang ayahmu tulis sebulan yang lalu?.

Apakah yang kamu tahu tentang aku (sebelumnya/ tadi/ dulu/ waktu itu)?.

Apakah yang dia bicarakan kepada kamu (tadi/ dulu/ itu)?.

Apakah yang Sandy lihat di (dalam) kelasnya (waktu itu/ tadi/ dulu)?.

 

WHEN (Kapan, Ketika).

Kapankah kamu datang ke rumahnya (waktu itu/ dulu)?.

Kapankah pesta itu dimulai (waktu itu)?.

Kapankah dia menunggu mu disana (waktu itu)?.

Kapankah saudara perempuan kamu tinggal disini (waktu itu/dulu)?.

Kapankah Jessica bicara kepadamu (waktu itu)?.

 

WHERE (dimana, kemana).

Kemanakah dia pergi (tadi/ waktu itu/ dulu)?.

Dimanakah ibu kamu tinggal (waktu itu/ dulu/ tadi)?.

Dimanakah kamu melihat aku seminggu lalu?.

Dimanakah mereka main sepak bola (waktu itu/ tadi/ dulu)?.

 

WHO (Siapa/Siapa yang)

Siapakah yang menghubungi mu (waktu itu/ tadi/ dulu)?.

Siapakah yang mendapatkan nya (nya=benda) (waktu itu/ tadi/ dulu)?.

Siapakah yang menulis ini (ini=benda) (waktu itu/ tadi/ dulu)?.

Siapakah yang menceritakan kepadamu tentang program itu (waktu itu/ tadi/ dulu)?.

 

WHY (Mengapa/Kenapa).

Kenapakah kamu datang ke rumahnya (waktu itu)?.

Kenapakah ayahmu menghubungi guru kita kemarin?.

Mengapakah Jessica melakukan nya (nya=kegiatan) (waktu itu)?.

Mengapakah mereka melakukan itu (itu=kegiatan=it) (waktu itu)?.

 

HOW (Bagaimana, Berapa/ Seberapa).

Bagaimanakah kamu datang ke rumahnya (tadi/ dulu/ waktu itu)?.

Bagaimanakah dia bicara kepadamu (tadi/ dulu/ waktu itu)?.

Bagaimanakah mereka melakukannya (nya=kegiatan) kemarin?.

Bagaimanakah Justin melakukannya (nya=kegiatan) dua jam lalu?.

 

“How” (berapa…..kah/ seberapa……kah) menanyakan durasi, jarak, tingkat keseringan :

How long did (subject) ……..?          

(Berapa lamakah (subject)……….?)  durasi

How far did (subject)………..?          

(Seberapa jauhkah (subject)………..?)  jarak

How often did (subject)……..?          

(Seberapa seringkah (subject)……….?)  tingkat keseringan

How many times did (subject)…..?           

(Berapa kalikah (subject)………..?)  tingkat keseringan

 

Berapa lamakah dia(lk) bicara kepadamu kemarin?.

Berapa jauhkah kamu mengemudikan mobil itu (waktu itu)?.

Seberapa seringkah Justin belajar bahasa Inggris lima tahun lalu?.

Berapa kalikah dia(pr) menghubungi kamu dalam sehari (waktu itu)?.

Tips Sebelum Mempelajari Bahasa Inggris
Verbal – Nominal Sentences
Regular – Irregular Verb -kata kerja dalam bahasa Inggris
Preposition – Kata Depan
Apakah itu DID dalam Berbicara Part 4
Apakah itu DID dalam Berbicara Part 3
Apakah itu DID dalam Berbicara Part 2
Apakah itu DID dalam Berbicara Part 1
Penggunaan & maksud kata SOME dan ANY dalam bahasa Inggris.
Penggunaan dan Maksud kata OF dalam bahasa Inggris.
Merubah kedalam Bentuk Pasif Voice – MODAL AUXILIARY.
Merubah kedalam Bentuk Pasif – WOULD HAVE BEEN – SHOULD HAVE BEEN (Past Future Perfect Continuous).
Perbedaan Maksud WILL vs BE GOING TO
Perbedaan Maksud “WANT vs WOULD LIKE”
Perbedaan Maksud IT dengan THAT dan THIS
Cara Menyatakan Kalimat Nasehat & Saran.
Cara Menyatakan Suatu Kebiasaan Yang Dilakukan di masa yang Lampau
Bagaimana Bertanya Untuk Sebuah Alasan Secara Negatif
Cara Memohon Secara Sopan – Polite Request – part 2
Cara Ampuh Untuk Mengingat dan Meningkatkan Vocabulary.
Tips Sebelum Mempelajari Bahasa Inggris
Enjoyed this video?
"No Thanks. Please Close This Box!"